PEMKAB SINTANG GELAR PAMERAN PEMBANGUNAN DAN SINTANG EXPO

0
244

Kalbarinfo – SINTANG. Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar Pameran Pembangunan dan Sintang Expo 2019 yang juga merupakan salah satu rangkaian dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-74 di Kabupaten Sintang. Kegiatan yang di gelar dari 24 Agustus – 2 September ini, di buka langsung oleh Bupati Sintang, di Komplek Stadion Baning Sintang, Sabtu (24/8/19) sore.

Acara pembukaan tersebut turut di hadiri Unsur Forkopimda Kabupaten Sintang, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintangn Dra. Yosepha Hansah, M. Si, unsur Pimpinan dan jajaran OPD Kabupaten Sintang, tokoh masyarakat Kab. Sintang yang juga mantan Bupati Sintang periode 2005-2015 Drs. Milton Crosby, M. Si,  pihak swasta dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan bahwa kegiatan Pameran Pembangunan dan Sintang Expo ini merupakan kegiatan rutin di laksanakan Pemkab Sintang setiap tahunnya dalam rangka memeriahkan HUT RI.

“pameran ini selalu di tunggu-tunggu oleh masyarakat, karena di sini tempat bertemunya masyarakat UMKM dengan para calon pembeli, dan juga para pelaku bisnis berskala besar seperi dealer kendaraan juga menyiapkan stand-stand nya”kata Jarot.

Sehingga menurutnya pameran ini menjadi medium bertemunya para pembeli untuk mendapatkan barang yang berkualitas dengan harga terjangkau, dan juga para penjual bisa menjual barang dagangan sebanyak-banyaknya.

Selain itu juga jelas Jarot, kegiatan ini juga sebagai medium bagi jajaran Pemerintah Kab. Sintang, Forkopimda, para pihak lainnya untuk menunjukan apa yang telah di kerjakan, sedang di kerjakan dan apa yang akan di kerjakan. Sehingga masyarakat bisa lebih jelas melihat bagaimana pembangunan Kab. Sintang saat ini dan di masa yang akan datang.

“kemudian pameran ini juga memberikan kesempatan kepada jajaran pemkab. Sintang maupun instansi lain, yang biasanya memerikan pelayanan langsung kepada masyarakat saat pameran ini, seperti dari capil layanan pembuatan KTP dan lainya, Polres biasanya layanan perpanjang SIM, jadi memberian kesempatan kepada masyarakat secara cepat dan terjankau pelayanan publik yang mereka cari”beber Jarot.

Untuk itulah Jarot meminta kepada jajaran Pemkab Sintang untuk memanfaatkan pameran ini untuk memberikan informasi yang edukatif kepada masyarakat.

“misalnya informasi tentang karhutla, tentang literasi perpustakaan, dunia pendidikan dan informasi-informasi lainya. Untuk itulah terimakasih untuk panitia pelasana dan mari kita sukseskan bersama-sama kegiatan ini sampai selesai nanti beberapa hari kedepan”tutup Jarot.

Sementara itu Panitia Kegiatan Pameran Pembangunan dan Sintang Expo, Yosep Sudianto mengatakan peserta kegiatan ini diikuti dari berbagai sektor yakni OPD Pemkab Sintang 32 stand, Polres Sintang 2 stand, organisasi vertikal 2 stand, PKK dan Dekranasda Kab. Sintang 2 stand, organisasi kemasyarakatan 3 stand, gabungan group perusahaan perkebunan 2 stand, pelaku usaha UKM sebanyak 112 stand, BUMN/BUMD dan Credit Union (CU) 3 stand, agen dan dealer kendaraan serta perusahaan rokok sebanyak 3 stand, pelaku usaha kuliner 30 orang dan permainan anak serta pedagang kreatif lapangan (PKL) / hamparan sebanyak 30 orang.

“adapun informasi yang di tampilkan dalam pameran ini selain visualisasi hasil kegiatan pembangunan juga di tampilkan produk-produk handycraf, tenun/batik, garmen, tas dan sepatu, kuliner, perlengkapan rumah tangga dan potensi daerah lainnya. Panita juga melakukan penilaian stand terbaik dengan beberapa kategori”jelas Sudianto.

Sudianto menambahkan, selain di meriahkan oleh stand-stand pameran, panita juga mengadakan lomba baca puisi perjuangan, lomba akustik, lomba stand up comedy dan lomba lagu dangdut, yang bisa diikuti oleh semua kalangan masyarakat.