KETUA KONI SINTANG MINTA SEGERA BENTUK PENGURUS DAERAH IESPA

0
297

Kalbarinfo.com- SINTANG. Electronic Sport atau e-Sport merupakan salah satu olahraga yang sedang berkembang saat ini terutama di kalangan kaum millenial, tidak terkecuali di Kabupaten Sintang. Hal itupun di buktikan dengan di gelarnya turnamen e-Sport yang bersekala besar yaitu Open Turnament e-Sport PUBG Mobile Bupati Sintang CUP 2019 se-Kalbar yang di helat dan buka langsung oleh Bupati Sintang Jarot Winarno di Cafe Teras Kota (Teko), kawasan Komplek Masjid Al Amin Sintang, Jalan Cempaka, Kelurahan Ladang, Kecamatan Sintang, Jumat (26/7/18) malam.

Agar olahraga yang mengandalkan kecepatan tangan dan otak tersebut lebih jelas dan terarah tujuannya, diperlukan suatu wadah atau kepengurusan untuk menaunginya. Saat ini di Kabupaten Sintang sudah terbentuk 32 Pengurus Kabupaten (Pengkab) Cabang Olahraga, tidak mustahil kepengurusan daerah e-Sport yakni IESPA (Indonesia e-Sports Association) pun bisa terbentuk. Untuk itulah Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kab. Sintang Chomain Wahap mendesak agar IESPA di Bumi Senentang ini segera di bentuk.
“beberapa hari yang lalu ketua panitia ketemu saya yang menyampaikan ada kegiatan turnamen PUBG Bupati Sintang Cup 2019, saya sampaikan kepadanya, kalau bisa di sintang ni cepat di bentuk kepengurusan daerah e-sportnya”kata Chomain saat menghadiri pembukaan Open Turnament E-Sport PUBG mobile Bupati Sintang CUP 2019.

Chomain menjelaskan mengapa penting di bentuknya kepengurusan IESPA di Sintang, hal itu bertujuan agar kedepan bisa menjadi anggota KONI Kab. Sintang dan jika sudah terdaftar sebagai anggota maka turnamen e-Sport seperti PUBG dan lainnya bisa menjadi agenda tahunan atau setiap tahun di laksanakan secara akbar,  terlebih juga e-Sport sudah masuk dalam cabor yang di pertandingkan di SEA Games mendatang.
“saya menjadi ketua KONI baru sekitar 6 hari, saya sangat mendukung adanya turnamen pubg ini, karena disini hadir anak-anak muda yang penuh semangat, mudah-mudahan turnamen ini sukses dan kedepan akan kita di gelar lagi”pungkasnya.

Hal itu pun senada diungkapkan Sekretaris IESPA Kalbar Oki yang turut hadir dalam pembukaan Open Turnament PUBG mobile Bupati Sintang CUP 2019. Ia meminta agar segera di bentuknya kepengurusan daerah IESPA Kab. Sintang.
“kita akan suport terbentuknya iespa kab. Sintang,  nanti kita sampaikan ke pengurus pusat di jakarta sebagai pengurus daerah, nanti di daftarkan menjadi pengurus e-sport daerah”ungkap Oki.

Terkait pelaksanaan Open Turnament PUBG mobile Bupati Sintang CUP 2019, selaku pengurus IESPA Provinsi Kalbar, oki menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh atas terselenggaranya turnamen PUBG ini. Dirinyapun berharap perhelatan selama 10 hari ini berjalan sukses dan lancar serta bisa menjadi agenda tahunan.
Namun ia berharap kedepannya tidak hanya PUBG saja yang di selenggarakan, tapi juga e-sport yang lain, salah satunya Mobile Lagend (ML).
“coba juga e-sport yang lain di lombakan atau di variasi lombanya dengan game lain, jadi bukan pubg saja, karena kita juga sedang mencari atlet iespa di daerah-daerah”pungkasnya.