BUPATI SINTANG RESMIKAN MASJID DARUNNASIHIN MENGKURAI

0
200

KALBARINFO.COM – SINTANG. Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno,M.Med.PH meresmikan Masjid Darunnasihin Kelurahan Mengkurai, Kecamatan Sintang, Jumat (26/4/19). Masjid tersebut merupakan relokasi dari bangunan lama yang di bangun sejak 2014 lalu. Hadir dalam acara tersebut Kasat Binmas Polres Sintang, unsur Forkopimcam Sintang, Lurah Mengkurai, Ustad Hedi, warga Kelurahan mengkurai dan tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia kegiatan peresmian relokasi Masjid Darunnasihin Asmawi mengatakan Masjid tersebut merupakan relokasi bangunan awal yang terletak di depan bangunan Masjid baru yang di bangun sejak 2014 lalu dengan modal awal sekitar 60 juta rupiah dari khas masjid Darunnasihin.“pembangunan kembali masjid ini kami hanya modal nekad karena khas masjid kami saat itu sekitar 60 juta rupiah,jadi kami berpikir ada duit nda ada duit kami kerjakan, itulah modal semangat warga sehingga masjid kami ini sudah bisa di resmikan meskipun belum semua selesai di beberapa bagian”jelas Asmawi.

Untuk beberapa bagian tersebut di jelaskan Asmawi yakni ornament platform dan finising dinding yang di perkiarakan memakan dana sekitar 300 sampai 400 juta rupiah dan pihaknya pun sudah mengajukan permohonan bantuan anggaran melalui Kesra Sektertarian Daerah Kabupaten Sintang untuk tahun 2019 ini. “jika di setujui nantinya maka itu di harapakan membantu kami menyelesaikan pembangunan masjid Darunnasihin ini”kata Asmawi

Sementara itu untuk total anggaran pembangunan awal Masjid kata Asmawi di perkirakan memakan anggaran sekitar 1,2 miliyar rupiah dan sampai pada saat peresmian ini atau 80% bangunan fisiknya total angaran pembanguna sekitar 800 juta rupiah dan  bantuan dari Pemda Sintang dan MUI Kabupaten Sintang dengan total sekitar 110 juta rupiah dari tahun 2016 hingga 2018.

“untuk kekurangan anggaran pembangunan masjid ini memang kami banyak mendapatkan bantuan dari pihak lainnya, seperti semen, bahan material lainnya, bantuan uang juga dari warga kelurahan mengkurai ini setiap  minggunya sehingga kami mampu menyelesaikan ada tahap ini, untuk pengerjaannya juga di kerjakan oleh warga kelurahan mengkurai ini, hanya saja untuk pembangunan rangka bajanya saja kami udang pekerja dari pontianak”tambah Asmawi.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan Pemerintah Kabupaten Sintang sangat memberikan apresiasi yang luar biasa karena telah di resmikannya Masjid Darunnasihin Kalurahan Mengkurai tersebut terlebih anggaran awal pembangunan masjid itu hanya sekitar 60 juta rupiah. dan bantuan dari para donator serta sumbangan dari para warga Kelurahan Mengkurai. Untuk itu dengan telah di resmikan Masjid Darunnasihin tersebut Jarot mengingatkan ada 3 trilogi fungsi Masjid di bangun seperti adanya serambi dalam, serambi luar dan halaman Masjid yang juga menjadi serambi.

“serambi dalam tentu untuk ibadah mahdah seperti Shalat dengan makmurkan masjid Shalat berjamaah, ngaji, sholawat, i’tikaf dan ibadah mahdah lainnya. sementara serambi luar untuk pergerakan umat seperti untuk berkumpul untuk kemaslahatan umat, untuk anak-anak pendidikan TPA, ibu-ibu majelis ta’lim dan kegiatan pergerakan umat lainnya, dan serambi luar juga gitu bisa kita gunakan untuk berbagai kegiatan umat seperti pemberdayaan ekonomi umat, jadi ketiganya harus di fungsikan”jelas Jarot.

Jarot mengajak dengan telah di resmikannya Masjid Darunnasihin ini umat muslim di kelurahan mengkurai ini selalu mamakmurkannya, agar masjid tidak hanya di bangun megah saja tapi harus di makmurkan melalui kegiatan ibadah shalat 5 waktu dan kegiatan ibadah lainya terlebih tidak lama lagi umat Islam akan menyongsong Bulan Suci Ramadhan.

“jadi tugas kita memakmurkan masjid ini, In Shaa Allah dengan telah di relokasi masjid ini bisa memperkuat kesatuan dan persatuan umat” tutup Jarot.