1,94 Triliun APBD Kabupaten Sintang 2019 Sah Di Setujui

0
18

Kalbarinfo.com Sintang – Rp1,94 Triliun APBD Sintang Tahun Anggaran 2019  disahkan dalam Paripurna di DPRD, Jumat (30/11/2018). Pemerintah Daerah diharap langsung bekerja setelah penetapan pada hari ini.

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh  Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward didampingi wakil ketua Sandan dan Tery Ibrahim dan dihadiri para anggota DPRD Sintang. Rapat ini  juga di hadiri Bupati Sintang  Jarot Winarno, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan  Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sementara itu Ketua DPRD Sintang Jeffray Edwar mengatakan dengan disetujui APBD 2019 merupakan salah satu wujud dukungan DPRD Sintang terhadap pembangunan yang dikelola oleh pemerintah daerah Sintang.

“Selesai ditetapkannya anggaran 2019, Semua OPD diharapkan dapat melaksanakan pekerjaan kita DPRD  akan mensuport penggunaan APBD 2019 sepanjang penggunaannya sesuai program, kebutuhan, transparan, dan partisipatif,” kata Jeffray.

Mengenai, Dana Alokasi Khusus (DAK), ucap Jeffray, pihaknya meminta kepada pemerintah daerah agar dapat membahasnya secara bersama-sama. Karena selama ini dirasakan prosesnya tidak melibatkan dewan.

“Sebelum mengajukan dana DAK, kami berharap Pemda Sintang bisa berkordinasi dengan seluruh anggota DPRD. Sehingga beberapa usulan pembangunan nantinya dapat dirasakan  masyarakat langsung dan mengsejatrakan mereka,” ucapnya .

Dalam rancangan APBD 2019 ini, pendapatan APBD sebesar Rp1,94 Triliun yang terdiri dari pendapatan asli daerah sebesar Rp1,47 Miliar, dana perimbangan sebesar Rp1,36 Miliar dan lain-lain pendapat yang sah sebesar Rp454 Miliar.

Sementara untuk belanja daerah sebesar Rp2,33 Triliun yang terdiri dari belanjang langsung sebesar Rp191 Miliar dan belanja tidak langsung sebesar Rp841 Miliar. Pembiayaan daerah sebesar Rp1,7 Miliar. Pengeluaraan pembiayaan daerah sebesar Rp12 miliar. Sedangkan pembiayaan netto sebesar Rp94 Miliar.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan APBD 2019 lebih tajam dibanding sebelumnya.  Di dalam APBD 2019 sudah termuat beberapa konsep pembangunan infrastruktur dasar seperti jembatan ketungau II, Jembatan Ruwe, dan Jembatan Nyange.

“Kemuadian satu pukesmas yang ada di perbatasan Jasa. Jadi itu beberapa konten yang akan kita selesaikan dalam APBD 2019 mendatang,”ucap Jarot

Selain itu Jarot juga mengatakan dalam APBD 2019 mendatang pemerintah daerah Sintang akan terus berupaya menaikan tunjangan guru honorer dan memperhatikan tenaga magang di rumah sakit. Sehingga ada solusinya untuk mereka.

“Termasuk upaya meningkatkan insentif dokter spesialis. Jadi, adalah upaya pemerintah daerah kabupaten sintang  memberikan perhatian walau sedikit,”ucap Jarot.