Hari Pahlwan Momentum Introspeksi Diri

0
19

BP PAUD dan Dikmas Gelar Upacara

MEMPAWAH-Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018 yang bertajuk “Semangat Pahlawan di Dadaku” juga dilaksanakan oleh Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Kalimantan Barat, dalam upacara yang ditandai dengan Upacara Bendera dan mengheningkan cipta, yang digelar di halaman Kantor Balai Pengembangan PAUD Dikmas Kalbar, Kabupaten Mempawah. Bertindak selaku inspektur upacara, Kepala Balai, Drs Mangasi Pasaribu MM, yang membacakan  amanat Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Dalam amanatnya, Mensos menegaskan bahwa Peringatan Hari Pahlawan menjadi momentum bagi bangsa lndonesia untuk melakukan introspeksi diri. “Sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nirai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil dan makmur,” paparnya.

Dikatakan, hakekat setiap perjuangan pasti ada hasilnya namun tidak ada kata akhir atau berhenti untuk berjuang. Setiap etape perjuangan berlanjut pada etape perjuangan berikutnya sesuai tuntutan lingkungan strategis. “Oleh karenanya peringatan Hari Pahlawan harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan. Mentransformasikan keberanian melawan penjajah menjadi inspirasi mengusir musuh bersama bangsa saat ini antara lain kemiskinan,” paparnya. Selanjutnya transformasi kecerdikan para pahlawan dalam mengatur strategi, menjadikan inspirasi rakyat lndonesia untuk melakukan inovasi cerdas memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia.

Selain itu, diingatkan bahwa setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya. Terkait dengan hal tersebut, bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru. “Indonesia saat ini membutuhkan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini. Terlebih lagi dibutuhkan sosok pemuda lndonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya,” papar Mangasi membacakan amanat Menteri Sosial RI. (pk/*)