Suryadi Lantik Pramuka Saka Widya Budaya Bhakti Kalbar

0
57

MEMPAWAH—Ketua Kwartir Daerah Provinsi Kalimantan Barat, H Suryadi MS, S.Sos, M.Si melantik Pengurus Saka Widya Budaya Bakti (SWBB) Provinsi Kalimantan Barat, yang diketuai oleh Drs Mangasih Pasaribu, MM sebagai Ketua Pengurus Pimpinan Satuan Karya Pramuka, dalam upacara pelantikan, Kamis, 20 September 2018 di Aula Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Kalimantan Barat.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut Ir Djajeng Baskoro MPd, Kepala PP PAUD dan Dikmas Jateng, Ryke Pribudhiana MSi utusan dari Dirjen PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, sejumlah pengurus Pramuka Kwarda Kalbar. Saka Widya Budaya Bakti merupakan wadah gerakan Pramuka bagi pegawai di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Saka Widya Budaya Bakti bertujuan mempercepat tuntasnya program-program pendidikan nonformal yang benar-benar tepat sasaran sesuai potensi lokal. Artinya, pelaksanaannya melibatkan anggota Pramuka yang tergabung dalam SWBB, untuk menggeluti program pendidikan nonformal, seperti pendidikan anak usia dini (PAUD), keaksaraan fungsional, taman bacaan masyarakat, dan pendidikan kesetaraan.

“Kalimantan Barat merupakan satu-satunya Daerah yang menjadi pelopor, yang pertama dilantik Saka Widya Budaya Bakti tahun 2014 lalu di Sintang, dan kini kita lakukan penyempurnaan,” ujar Suryadi MS dalam sambutannya pada acara pelantikan tersebut, dan menjelaskan keterlibatannya dalam terbentuknya Saka Widya Budaya Bakti yang diresmikan di Kupang. Maka ke depan diharapkan gerakan Pramuka di Kalimantan Barat ini dapat memberikan peran yang besar dalam rangka pembentukan karakter anak didik.

“Kita juga berharap, kehadiran dari Saka Widya Budaya Bakti ini nanti dapat mengembangkan life skill untuk anggota Pramuka serta pengenalan sejarah yang memiliki unsur sejarah daerah atau muatan lokal,” harapannya.

            Pengurus Saka Widya Budaya Bakti Daerah Kalbar yang dilantik kemarin, Ketua Drs Mangasih Pasaribu MM, dengan tiga Wakil Ketua yaitu Wihardiyani SPd (Wakil Ketua I), Edy Poerwanto S.Ag (Wakil Ketua II), Drs H Kusnadi MSi (Wakil Ketua III), dengan sekretaris yaitu Aunur Rahman SPd, MPd (Sekretaris I) dan Drs H Paimin Slamet (Sekretaris II), serta dua bendahara yaitu Endang Sukowati SPd (Bendahara I) dan Aminah (Bendahara II). Kepengurusan dilengkapi dengan Ketua dan Anggota Bidang-Bidang.

            Selain itu, juga dikukuhkan penyempurnaan susunan Majelis Pembimbing Saka Pramuka Widya Budaya Bakti tingkat Daerah Kalbar periode 2015-2020, dengan Ketua Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar, Wakil Ketua I: Kepala BP PAUD dan Dikmas Kalbar, Wakil Ketua II: Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan Kalbar. Sekretaris I: Kasubbag Umum BP PAUD dan Dikmas Kalbar, sekretaris II: Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar; dengan anggota yakni: Kepala Balai Bahasa Kalbar, Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Kalbar, Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar, Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar, Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar dan Kepala UPT Museum Kalbar. (*/pk)

.