Jawaban / Tanggapan Bupati Sintang Terhadap Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Sintang di Rapat Paripurna ke-5 Masa Persidangan II

0
26

Kalbarinfo.com – Sintang – Bupati Sintang Jarot Winarno dalam menaggapi atau memberikan jawaban atas pandangan umum Fraksi-fraksi DPRD sintang tentang pertangung jawaban APBD kabupaten sintang tahun anggaran 2017 dan realisasi semester I dan krognosis 6 (bulan) berikutnya APBD kabupaten sintang tahun anggaran 2018, yang dilaksanaka di gedung DPRD pada hari jumat 3 agustus 2018.

Mengawali penyampaian ini saya mengucapkan terima kasih, atas apresiasi Fraksi-fraksi DPRD kabupaten sintang terhadap kinerja pemerintah kabupaten sintang yang telah mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan anggaran tahun 2017 dan tentunya pemerintah akan selalu konsisten untuk mempertahankan opini WTP tersebut dengan menerapkan disiplin anggaran dalam pelaksanaan, perencanaan, maupun pelaporan, kita akan selalu berupaya mengawal peselengaran tersebut melalui mikanisme Audit, pripiu, Evaluasi dan Konsultasi. Ujar Jarot.

Menangapi pertanyaan, saran, dan himbauan, dari Fraksi Demokrasi Indonesia Perjuangan. “terkait percepatan dan pembagunan ruas jalan desa tanjung riam menuju desa temiang kapuas, luas jalan tempunak penyakak, kilometer 0 menuju kilometer 4 serta jembatan tempunak, ruas jalan desa menjako menuju desa munguk bantok, serta ruas jalan desa sungai maram, menuju sungai lais. Atas saran tersebut kami ucapkan terimakasih, dapat kami sampaikan bahwa penaganan ruas jalan tersebut termasuk pembaguanan jembatan sungai raya serta pebaguanan jembatan rangkak baja di naga tempunak sudah masuk dalam prioritas penaganan dalam tenis pembagunan 2019 dan sebagainya, dan sedang dikerjakan di tahun 2018 sekarang ini.

Terkait kualitas pekerjaan saat ini jalan sugai putih menuju desa tanjung kelansam dapat disampaikan penaganan ruas jalan tersebut akan di lanjutkan pekerjaannya. Mengenai kronologi musibah kebakarnya rumah dinas jabatan Bupati sintang dapat kami sampaikan bahwa bedasarkan informasi yang kami terima, yang disebabkan oleh sambaran petir pada listrik ditekat tangga sebelah kiri yang memyebapkan kosletik arus pendek pada jaringan listrik sehinga meyebabkan kebakaran pada bagian atas bagunan yang keseluruhanya terbuat dari kayu meyebabkan mudah terbakar. Atas kejadian musibah ini kami memohon maaf, kami sudah mengabil langkah-langkah dan berkordinasi denga tim arkiolok dari balai cagar budaya samarinda Kalimatan Timur, agar rumah jabatan itu bisa di bagun ulang denga meliat bentuk aslinya, yang akan di anggarkan pata tahun 2019.

tangapan ini kami juga sampaikan atas pertanyaan, saran dan himbauan dari Fraksi PKB. Terimakasih atas apresiasi dari Fraksi PDI Perjuangan terhadap pembenahan grenase disekitar sekolah SMK Kartini tentunya kami akan memaksimakan dan mengevaluasi kondisi grenase tersebut sehinga tidak mengenai wilayah disekitarnya. Hal ini juga menangapi himbauan dari Fraksi partai GERINDRA agar menyesuaikan jalan di SMK Kartini sungai durian dimana jalan tersebut sudah di tangani dan akan di evaluasi agar bisa berpungsi maksimal.

Sidang dewan dan hadirin yang saya muliakan, menangapi pertanyaan, saran maupun himbauan dari Fraksi GERINDRA, megenai himbauan, agar setiap organisasi perangkat daerah daoat menjalankan anggaran sesuaiketentuan yang berlaku serta tepat waktu kami mengucapkan banyak terimakasih atas masukan yang telah di sampaikan oleh Fraksi GERINDRA. Terhadap realisasi semester I dan krognosis enam bulan berikutnya APBD kabupaten sintang tahun anggaran 2018 telah dilakukan evaluasi pada semester I atau triulan ke-II, pada evaluasi ini telah di sampaikan pula kepada OPD untuk menjalankan anggaran sesuai peraturan yang sudah ada dalam undang-undang, baik bersumber dari alokasi dana khusus maupun dana alokasi umum serta APBN tugas pembantuan serta untuk memaksimalkan tugas monitori dan evaluasi serapan anggaran kami secara khusus membentuk tim evaluasi percepatan penyerapan anggaran.

Hal ini juga sekaligus menanggapi saran dari Fraksi GOLKAR, terkait himbauan pelaksanaan pekerjaan jembatan gantung sungai jungkit desa ratu damai kecamatan ketungau hilir, dapat disampaikan bahwa jembatang gantung tersebut sudah masuk dalam jembatan yang ditangani oleh pemerintahan pusat melalui dana APBN tahun anggaran 2018 kegiatan saat ini sedang dalam pegelangan. Berkenaan dengan sarang untuk bepungsikan kembali sekolah jarak jauh di desa sejirak atau didusun hulu barat yang sudah 2 tahun tidak di pungsikan, pemerintah daerah akan melakukan pengecekan dan pripikasi terhadap kelayakan sekolah tersebut, apabila memungkinkan akan segera di pungsikan kembali proses gajar-mengajarnya di sekolah tersebut.

Sidang dewan dan hadirin yang saya muliakan menanggapi Fraksi dari partai NASDEM dapat kami smapaikan sebagai berikut kami terimakasih atas apresiasi Fraksi Partai NASDEM atas kinerja pemeritah daerah yang sesuai pungsi tahun 2016-2021 tetu akan memjadi perhatian kami untuk dapat memyusun APBD yang lebih baik dan optimal. Selanjutnya harapan agar APBD setiah tahun dapat di optimal kepentingan publik, kami sangat sependapat dengan harapan tersebutdan kami berupaya agar APBD di tahun-tahun yang akan datang dan dapat di optimal untuk kepentingan publik kedepannya sehiga akan meneruskan OPD dalam menyusun APBD untuk lebih optimal dan pencapaian penyususnan pisi dan misi pembangunan daerah kita.

Sidang dewan dan hadirin yang saya muliakan menanggapi pertanyaan, saran dan himbauan Fraksi partai Kebangkitan Bangsa, mengenai himbauaan peluasan jalan manis raya menuju desa naga pari kecamatan sepauk yang belum terealisasikan pada tahun anggaran 2017, kami ucapkan terimakasih atas masukan tersebut. Megenai ruas jalan yang di maksud sudah masuk dalam usulan untuk dana alokasi khusus penugasan tahun anggaran 2019. Selanjunya mengenai alokasi dana untuk peningkatan jembatan sungai sepauk, dan jembatan didesa sungai raya dapat kami sampaikan bahwa penaganan sudah masuk dalam rencana kerja, khusus untuk jembatan sungai raya di tahun ini mengunakan dana ADD, terkait peluasan jalan kenukut, dedai, kamisampaikan bahwa ruas jalan tersebut sudah masuk dalam kegiatan dana alokasi khusus pada tahun anggaran 2018 sebesar 2 miliar rupiah dan sudah mulia dikerjakan.

Sidang dewan dan hadirin yang saya muliakan menanggapi pertanyaan, saran dan himbauan Fraksi partai Demokrat dapat kami sampaikan, mengenai himbauan untuk meningkatkan partisipasi dan kerja sama dalam membagun kabupaten sintang, terutama membagun sintang dari pinggiran atau pelosok sebagai mana yang sudah di amanahkan. Kami sangat sependapat dengan Fraksi Partai Demokrat bahwa membagun kabupaten sintang yang lebih baik dan tentunya membutuhkan partisipasi dan kerja sama dari seluruh kompunen tokoh masyarakat kabupaten sintang. Membagun dari pinggiran atau pelosok adalah salah satu agenda dari pembagunan daerah dimana kita akan terus memperkuat wilaya-wilayah terpencil atau pedalaman melalui pembangunan berbagai bidang.

Sidang dewan dan hadirin yang saya muliakan menanggapi pertanyaan, saran dan himbauan dari Fraksi Golongan Karya mengenai saran dan masuka tetang promasi guru kontrak tahun 2018, serta permintaan kembali untuk mengadakan guru kontrak tahun 2019, bahwa pembukaan guru dan penerimaan guru kontrak tahun 2018 telah kita bayangi bersama dan disadari bahwa untuk memajukan pendidikan kabupaten sintang masih kekurangan guru terutama didaerah terpencil. Mengenai wewenang OPD dapat hadir pada rapat-rapat di DPRD tentunya dalam setiap kesempatan saya selalu mengingatkan pimpinan OPD agar hadir pada rapa-rapat yang diselengarakan DPRD. Kami Sependapat atas saran supaya dinas terkait lebih meningkatkan kinerja disetiap SKPD sehingga realisasi anggaran mendatang sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Sidang dewan dan hadirin yang saya muliakan menanggapi pertanyaan, saran dan himbauan dari Fraksi Keadilan dan Persatuan Indonesia, terimakasih atas apresiasi dar Fraksi PKPI terhadap realisasi pendapatan daerah yang pada semester I yang telah mencapai 50,81% serta realisasi pendapatan daerah mencapai 49,18% untuk itu kami akan mendorong opini terkait untuk memacu agar supaya realisaai pendapatan dapat mencapai target yang dibutuhkan dan mencari potensi-potensi yang dapat meningkatkan pendapatan kabupaten sintang kedepannya.

Sidang dewan dan hadirin yang saya muliakan menanggapi pertanyaan, saran dan himbauan dari Fraksi Amanat Persatuan, terkait saran agar pemerintah kabupaten sintang untuk terus mendorong pementukan provinsi kapuas raya, kami sampaikan bahwa sudah menjadi komitmen bersama serta selalu menjdai prioritas kami untuk mendorong terbentunya provinsi kapuas raya dan untuk saat ini proses pengusulan pembetukan kapuas raya sudah berada di pemerintah pusat. Dan kita sangat mengharapkan pemerintah pusat segera menerbitkan peraturan pemerintah tentang daerah persiapan provinsi kapuas raya. Mengenai himbauan untuk mengintigalisir titik-titil genangan air, khususnya kota kabupaten di setiap musim penghujan sekaligus mencari solusi penyelesaian persoalan tersebut, terimakasih atas sara dan masukan tersebut. Intasis teknis akan melakuka paripikasi di lapangan disetiap titik-titik genagan air pada saat hujan deras, khususnya genagan yang ada di ruas-ruas jalan poros di kabupaten sintang agar mendapatka solusi cara penanganannya.Terkait himbauan jalan keluraha menuju batu lalau, dan pembangunan listrik di wilayah tersebut, tentunya akan menjadi perhatian kami sekaligus akan menjadi prioritas dalam pengangaran yang akan datang. Tegas Jarot.

Ketua para wakil kedua dan anggota dewan dan para hadirin yang saya muliakan demikianlah yang dapat saya sampaikan sebagai jawaban dan tanggapan terhadap padangan umum Fraksi-Fraksi DPRD kabupaten sintang, atas saran, kritikan maupun himbauan seluruh Fraksi DPRD sintang kami sampaikan terimakasih, dan besar harapan kami bahwa kerja sama yang sudah terjalin sangat baik antara Eksekutif dan legislatif dapat terus tumbuh sehinga tercipta kondisi yang kondusif guna mendukung jalannya aktivitas pemerintahan, ekonomi dan pembagunan di kabupaten sintang. Selanjutnya sejalan dengan kemerdekaan Indonesia yang ke-73 tahun 2018, dengan tema “Kerja Kita Prestasi Bangsa Yang Senergis dengan Asean Game ke XVIII saya mengajak semua untuk berperan aktif dalam rangkaian peringatan pelaksanaan Kemerdekaan Republik Indonesia di kabupaten sintang. (KI)