14 Raperda Ditandatangani DPRD dan PEMKAB Sintang

0
38

Kalbarinfo.com SINTANG – DPRD Kabupaten Sintang menetapkan Program Pembentukan Peraturan Daerah Kabupaten Sintang tahun 2018. Penetapan ini dikemas dalam Rapat Paripurna Ke-2 DPRD Sintang Masa Persidangan I Tahun 2018, di Ruang Sidang DPRD, .

Paripurna wakil rakyat ini dipimpin langsung Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward didampigi dua wakilnya, Sandan dan Terry Ibahim. Paripurna dihadiri 25 orang anggota DPRD, Bupati Sintang Jarot Winarno, Wakil Bupati Askiman, Sekretaris Daerah Yosepha Hasnah, OPD, Instansi Vertikal dan tamu undangan lainnya.

Bupati Sintang Jarot Winarno ketika di temui mengungkapkan “ Terkait 14 Raperda yang diusulkan menyatakan bahwa pemerintahan yang baik adalah penerintah yang mematuhi aturan yang dibuat ,kemudian diberikanya pelayanan publik oleh pemerintah jadi 14 raperda tadi kita sambut baiklah yang disepakati tadi dalam program legialasi daerah (Prolegda) dengan peraturan yang lebih banyak tersebut dirinya berharap mudah–mudahan lebih banyak yang bisa diperbuat oleh pemerintah Kabupaten Sintang ,dari 14 tersebut ada yang berkaitan dengan publik,masyarakat adat,meningkatkan kapasitas OPD,dari OPD tersebut diantaranya Badan Pengelola Perbatasan,BPBD dan Kesbangpol.

Menurut jarot lagi  14 raperda tersebut sudah cukup baik ,jika ingin pemerintahan yang baik peraturan itu yang mesti ditegakkan.

Lanjut Jarot atas apa yang diusulkan Sekretaris Fraksi PKB Syahroni bahwa sejauh ini perda yang ada masih kurang sosialisasi ,Jarot mencontohkan semisal Perda walet tetapi kata dia meski tak memiliki Perda Walet tetapi Pemkab Sintang sudah memiliki Perda Lingkungan Hidup ,”Artinya mesti tak diatur ke sarang waletnya tetapi kan diatur di lingkungan hidupnya kan sudah diatur baik tentang kebisingan maupun limbah ,sepanjang pengusaha dapat mematuhi aturan tersebut maka pengusaha sarang burung walet boleh beroprasi tetapi jika tidak ya akan kita pertimbangkan,”ujarnya.

Jarot mengakui kurangnya sosialisasi perda yang sudah ada dan pihaknya akan mengingatkan kembali kepada Bagian Hukum Setda Sintang.

“Saya akan ingatkan kepada bagian Hukum dengan perda yang ada agar intens mensosialisasikan ,satu sosialisasi langsung yang kedua media massa untuk mensosialisasikan,”tegasnya.(KI)