SEKDA SINTANG RESMIKAN RUMAH PINTAR PEMILU

0
23

Kalbarinfo.com.SINTANG. Sekretaris Daerah Kabuapten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M.Si meresmikan rumah pintar pemilu milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang, di Desa Baning Kota di Sintang, Selasa (15/5/2018).

“pemerintah Kabupaten Sintang tentunya menyambut baik dan memberi apresiasi terhadap keberadaan rumah pintar pemilu ini, karna hal ini sejalan dengan salah satu sasaran pembangunan daerah di Kabupaten Sintang, untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi politik masyarakat,” kata Yosepha dalam sambutan Bupati yang dibacakannya. “dengan adanya RPP ini, kita harapkan adanya peningkatan pada pendidikan politik di Kabupaten Sintang ini,” tambahnya.

Menurut Yosepha, melalui Rumah Pintar Pemilu ini dapat melibatkan seluruh komponen masyarakat dalam hal memperoleh informasi yang benar.

“saya bangga melihat apa yang disajikan teman-teman KPU Sintang karna informasinya tersajikan dengan baik. Ada juga muatan dan data-data lokal  tentang pemilu di Kabupaten Sintang,” kata Yosepha. “saya menghimbau untuk masyarakat terutama yang sudah bisa memilih, untuk berkunjung ke sini agar bisa memahami betul tentang seluk beluk pemilu,” pungkasnya.

Misrawi, anggota KPU Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan bahwa keberadaan Rumah Pintar Pemilu ini merupakan program nasional yang di canangkan oleh KPU Pusat. Untuk di Kalimantan Barat  pembuatan rumah pintar pemilu sudah dimulai sejak 2016. Mulai dari KPU Provinsi, KPU Kabupaten Melawi, KPU Kabupaten Ketapang. Pada tahun 2017, KPU Kota Pontianak, KPU Kabupaten Mempawah, KPU Kabupaten Singkawang dan Kabupaten Kayong Utara.

“pada tahun 2018 sudah seluruh kabupaten kota di Kalimantan Barat yang punya RPP,” kata Misrawi.

Misrawi juga menyebutkan bahwa tujuan keberadaan RPP, KPU bisa menyiapkan wadah pendidikan politik bagi masyarakat. Sehingga jika masyarakat ingin mencari informasi tetang kepemiluan akan lebih mudah mendapatkan informasi tersebut.

“dari pengalaman yang di RPP yang sudah ada, kebanyakak pengunjung itu, pemilih pemula,” ujar Misrawi. “Kedepannya diharapkan akan ada wisata politik yang di rencanakan KPU untuk siswa sekolah, tnetunya bekerja sama dengan dinas terkait dan pihak sekolah,” tambahnya.

Menilik keberadaan fasilitas rumah pintar pemilu yang masih terbatas Misrawi menyampaikan salah satu upaya untuk menyempurnakan RPP, perlu disupport oleh Pemerintah Daerah dan pihak masyarakat. Bantuan ini hendaknya bisa dalam bentuk barang misalnya, penyediaan TV Led.

“dengan fasilitas yang mumpuni agar masyarakat merasa dilayani. Berkaitan dengan penyediaan infromasi,” pungkasnya.(nk)