AM Abdurazak: Teliti Jaringan Kabel Listrik, Cegah Bahaya Kebakaran

0
46
Anggota DPRD Sintang AM Abdurazak

Kalbarinfo.com SINTANG- Terbakarnya 26 ruko milik Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang pada Senin dini hari, (23/10) lalu membuat prihatin anggota dewan Sintang, AM Abdurazak. Kebakaran puluhan ruko yang terletak di Jalan Kolonel Sugiono, Kelurahan Kapuas Kanan Hulu, Kecamatan Sintang diduga akibat adanya arus pendek jaringan listrik di salah satu ruko yang terbakar. Abdurazak meminta kepada warganya untuk selalu waspada akan segala potensi bahaya kebakaran.

“Selain harus waspada, kita juga musti teliti  dalam pemakaian fungsi listrik sehari-hari. Salah satunya  mematikan sumber listrik jika tidak diperlukan atau dipakai. Sehingga rumah dapat dalam kondisi aman jika ditinggalkan. Jaringan listrik juga harus sesuai standar , agar korsleting listrik bisa dicegah sedini mungkin,”kata Abdurazak, ketika ditemui di ruang kerjanya.

Anggota dewan dari Dapil 1 ini mengatakan  kebarakan yang kerap terjadi di Sintang bisa dijadikan pembelajaran untuk lebih teliti lagi dalam menggunakan jaringan listrik  agar tidak terjadi hal serupa.

“Sebagai bentuk pencegahan itu, sebaiknya warga tidak menggunakan lilin padaa saat lampu PLN padam. Gunakanlah lampu emergency yang memiliki sedikit resiko. Selain itu penggunaan peralatan listrik juga sebaiknya yang standart serta dalam pemakaian tidak melebihi kapasitas daya listrik yang ada ,”tambah politisi Golkar ini.

“Yang terakhir, sebaiknya pemasangan instalasi listrik serahkan ke petugas PLN, jangan pasang sendiri. Dan  mintalah petugas PLN utuk memasang dan  memeriksa kembali sambungan kabel yang ada,” ucap AM Abdurazak mengakhiri pembicaraan. (KI)