Wakil Bupati Sintang Resmikan Rumah Betang Desa Kumpang

0
46

Wakil Bupati Sintang Resmikan Rumah Betang Desa Kumpang.

Sintang .Arti dari Betang adalah  merupakan simbol dari kebersamaa, rasa kekeluargaan, semangat gotong royong dan semangat untuk menjaga keharmonisan antar semua masyarakat. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Bupati Sintang, Askiman ketika meresmikan Rumah Betang Adat Desa Kumpang, Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang, pada Senin lalu (2/10).

Askiman mengatakan bahwa rasa yang ada pada Rumah Betang tersebut juga harus diwariskan, dilestarikan dan ditumbuhkan pada generasi muda Kabupaten Sintang terutama yang erada di Kecamatan Dedai.

“Dulu, hidup di Betang sangat bahagia, satu sama lain saling tolong, saling berbagi kasih, saling berbagi rejeki. Dulu, kalau dapat tangkapan hewan buruan, dibagikan dari pintu ke pintu, mana mau mereka jual beli,” katanya.

Ia mengaku bangga dengan kebersamaan yang terjalin pada masyarakat yang ada di Desa Kumpang , karena meskipun telah memeluk agama atau keyakinan tertentu, status sebagai suku Dayak Lebang tidak dihilangkan.

“Status agama atau keyakinan itu persoalan pribadi kita dengan Tuhan. Saya bangga karena hingga saat ini, rasa kebersamaan masyarakat di Desa Kumpang tetap terjalin baik, tidak peduli agama dan keyakinan apa yang telah dianut, mereka menyadari bahwa mereka adalah Suku Dayak Lebang,” tuturnya.

Kepala Desa Kumpang, Petrus ketika di konfirmasi mennyampaikan terimakasih kepada Wakil Bupati Sintang yang telah bersedia meresmikan Rumah Betang Adat Desa Kumpang. Ia berharap, rumah yang dibangun dengan menggunakan anggaran desa ini dapat menjadi salah satu cara agar adat dan budaya masyarakat Suku Dayak Lebang dapat terjaga dan dilestarikan dengan baik.

“Menjadi masyarakat Lebang  mengharuskan kami siap untuk terus melestarikan adat dan budaya disini. Tentunya itu harus didukung dengan semua masyarakat setempat, salah satunya dengan cara melakukan berbagai kegiatan seni dan budaya yang ada di Desa Kumpang sehingga Rumah Betang ini selalu akan hidup selamanya,” ucapnya.( Tim)