Lima Desa di Sintang Akan Dijadikan Desa Percontohan Polindes

0
69

Sintang. Desa Gurun Kempadik akan menjadi salah satu Desa di Kabupaten Sintang sebagai desa percontohan pembuatan Polindes dan Tribun. Demikian diungkapkan A’an Kristianto Kepala Desa Gurun Kempadik  di Sintang, (4/10). “Selain itu ada empat desa lainnya,  yakni Desa Rarai, Desa Merarai 2,  Desa Kajang baru, dan Desa Lebak Ubah”.

Menurutnya, Desa Gurun kempadik saat ini belum memiliki Polindes, selama ini cuma sekedar numpang dirumah penduduk. Ditahun 2017 ini ada dianggarkan dari Dana Desa sebesar  125 juta dengan ukuran 7×9 meter. Karena mengingat ada  masukan dari masyarakat bahwa ukuran dan anggaran untuk Polindes tersebut sangat kecil, akhirnya kesepakatan dibuat ukuran 7×17 meter, dengan jumlah anggaran 222 juta. Sisa dari 125 juta diswadayakan masyarakat.” ujar A’an.

Dijelaskannya, Penggunaan Dana Desa yang ditahun 2017 ini mengarah pada pembangunan. Bahkan “Saya mengarahkan masyarakat mengadakan penerangan kampung yang  lampunya diambil dari rumah masing-masing warga. Tujuan nya bukan sekedar mempercantik kampung, tapi juga menghindari kejahatan,” Ucapnya.

Kades muda ini sangat bersemangat membangun Desanya ini mengatakan, “Dirinya selalu mengutamakan sifat transparansi dengan Perangkat Desa maupun masyarakat. Supaya tidak ada pikiran negatif. Karena Dana Desa dikucurkan oleh Pemerintah ke Desa untuk membangun Desa, bukan untuk  memperkaya diri.” Ungkapnya. (Tim)