DPR RI Komisi IX Kunjungi Sintang

0
172

Sintang Kalbarinfo. Untuk memperkuat kekompakan dalam membangun Kabupaten Sintang agar lebih maju, perlu adanya ruang dialog bagi generasi muda. Hal itu diungkapkan oleh anggota DPR RI Komisi IX, H. Sukiman pada sosialisasi empat pilar MPR RI yang digelar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sintang, Minggu (1/10).

“Ruang dialog antar generasi muda tentu harus didukung oleh semua pihak sehingga ada spirit pencerahan, penyadaran dan mempromosikan paham kebangsaan,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan tujuan dari adanya Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan agar masyarakat Kabupaten Sintang terutama yang hadir pada sosialisasi tersebut dapat memahami, menghayati dan membumikan nilai-nilai dari empat pilar kebangsaan di seluruh aspek kehidupan.

“Saya berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat menghadirkan perspektif baru sehingga kita dapat memahami dan menghayati empat pilar kebangsaan sebagai dialog yang membangun dan tidak hanya sebatas pengayaan wacana,” ucapnya.

Bupati Sintang,dr H. Jarot Winarno yang membuka kegiatan tersebut mengungkapkan Indonesia sangat beruntung karena mampu menciptakan titik temu dari berbagai perbedaan yang ada. Empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI merupakan roh yang menghidupkan bangsa Indonesia.

“Empat pilar kebangsaan merupakan perekat keutuhan kebangsaan, maka kita semua terutama generasi muda harus menjaga keempat pilar tersebut yang tentunya disesuaikan dengan perkembangan zaman,” Katanya

Ia mengharapkan dengan adanya dialog ini dapat menjadi proses transformasi pemikiran dan aksi generasi muda sehingga empat pilar kebangsaan dapat terus didaur ulang sesuai dengan perkembangan zaman.

“Dengan diadakannya dialog kebangsaan ini dapat membangun jembatan imajinatif yang menghubungkan harapan dan kenyataan kebangsaan. Dan tak kalah penting, dengan adanya dialog ini diharapkan dapat menghilangkan egosentris, mispersepsi dan miskomunikasi antar kelompok dalam masyarakat,”ungkapnya. (tim)